Header Ads

Pemerintah Desa Surokidul-Tegal, Manfaatkan Dana Desa untuk Pembangunan Jalan

Slawi - putrapos news. Penggunaan dana desa tahun 2018 di Desa Surokidul Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal difokuskan untuk pembangunan jalan desa. Tercatat  di 2018 sudah terbangun jalan  lebih dari 700 meter, yang semuanya berupa jalan beton.

Demikian  disampaikan Sekretaris Desa (Sekdes) Surokidul , Dul Alim, pada Putra Pos, Kamis (6/9/2018) di kantor balai desa setempat. Lebih lanjut dikatakan, dalam rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2019 pun, pihak pemerintah desa masih mengalokasikan anggaran untuk pembangunan infrastruktur  jalan.

"Tujuannya agar pembangunan desa lebih merata, mengingat di desa ini ada sejumlah jalan yang kondisinya butuh perbaikan jalan,” kata Dul Alim.

Dari pantauan Putra Pos, terkait pembangunan desa, dari infografis APBDes 2018 yang terpasang di depan kantor balai desa, selain infrastruktur jalan, di Desa  Surokidul  juga ada alokasi anggaran pembangunan untuk pembuatan jamban sehat bagi masyarakat.

"Sedikitnya  ada  44 rumah tangga yang menerima manfaat dari program ini dan sekarang sedang dalam pengerjaan,” ungkap sekdes Dul Alim.

Selain  infrastruktur jalan dan pembuatan jamban, desa ini juga menganggarkan untuk pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan dan untuk rintisan pembuatan BUMDes yang sekarang ini sudah memasuki tahapan kajian usaha.

Sementara itu, ditempat terpisah, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Pagerbarang,"Iman Fikriyani, mengingatkan kepada pihak  desa agar dalam penganggaran pembangunan di desa, bukan hanya fokus pada pembangunan fisik saja, tapi anggarkan juga untuk pemberdayaan masyarakat."Tolong lah prosentase untuk pemberdayaan masyarakat ditingkatkan,” pinta Iman Fikriyani.

Iman menambahkan, pemberdayaan masyarakat bisa berupa pelatihan-pelatihan keterampilan bagi kelompok perempuan, maupun kelompok masyarakat lainnya.  Bisa juga untuk pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, seperti pengembangan Badan Usaha Milik Desa, jika desa tersebut sudah ada BUMDes-nya.

(darojat)

No comments

Powered by Blogger.