Header Ads

STTAM Gelar Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah, Guna Tingkatkan Kompetisi Dosen dan Mahasiswa

PUTRAPOSNEWS - LEMBEAN. Sekolah Tinggi Teologi Anderson Manado (STTAM) menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah di Kampus STTAM  Sabtu kemarin (17/11).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Sinode Gereja Alkitab Anugerah (GAA) ini dibuka oleh Ketua Sinode GAA, Pdt. Harold Sigar, S.Th.

“Kiranya kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi para dosen dan mahasiswa STTAM dalam membuat karya ilmiah,” kata Harold.

Kegiatan yang diikuti para  dosen STTAM, mahasiswa STTAM, dan para pengurus Sinode GAA, dan  itu menampilkan  narasumber Agus Marulitua Marpaung, M.Th, dosen Institut Agama Kristen Negeri (IAKN).

“Selain untuk meningkatkan pengetahuan dosen dalam mengolah penelitian menjadi sebuah artikel ilmiah, kegiatan ini juga merupakan implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu penelitian,” kata Maruli, Sabtu (17/11).

“Sayangnya, masih belum banyak dosen yang aktif dalam kegiatan penelitian. Hal ini dikarenakan kurang mengerti dalam membuat jurnal dan kurang memahami pentingnya membuat jurnal untuk kepangkatan,” ujarnya lagi.

Ada tiga narasumber yang di undang panitia untuk membawa materi dalam Pelatihan Pembuatan Penulisan Jurnal Ilmiah ini. Sesi satu dibawakan oleh Maruli Marpaung, M.Th (Dosen IAKN), dengan judul materi ‘Jurnal Ilmiah Dalam Ilmu Teologi’; sesi kedua oleh Heliyanti Kalintabu, S.Th., M.Pd.K (Dosen STTAM( judul materi 'Sistematika Penulisan Jurnal Ilmiah’; sesi ketiga oleh Drs. Richard Mangangue (DOSEN UNIMA), judul materi ‘Penulisan dan Tata Bahasa Penulisan Jurnal Ilmiah.

Mereka mengupas tentang pentingnya jurnal bagi Perguruan Tinggi dan para dosen, sistematika, metode, teknik belajar menulis jurnal, penggunaan bahasa yang baku, hingga berbagi pengalaman menjadi seorang yang dapat menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas dan yang tidak kalah penting yaitu orisinalitas dari artikel itu sendiri.

Dan kegiatan pelatihan ditutupi dengan membagikan sertifikat kepada pembicara dan peserta yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut.

Royke LK/Redaksi

No comments

Powered by Blogger.