Header Ads

Utusan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Hadiri Bimtek Layanan Psikososial Korban Bencana Bagi TAGANA Dan TKSK

Tabloid PutraPos News - Lumajang. Dinas Sosial Kabupaten Lumajang membuka Bimbingan Teknis Psikososial Bagi Korban Bencana  untuk Tagana dan TKSK, (27/6/2019).

Bertempat di Hotel Lumajang dihadiri oleh Dinas Sosial Kabupaten Lumajang dalam hal ini di wakili sama Sekretaris Dinas Sosial ,Kasi Penanggulangan bencana dan Utusan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur ,Tagana Lumajang,TKSK ,Karang Taruna,Pekerja Sosial Masyarakat dan Tagana Teman Masyarakat.

Trikondo  Selaku Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Lumajang menyampaikan bahwa bimtek Layanan Psikososial Korban Bencana bagi Tagana dan Tksk memang perlu dilakukan agar relawan bencana selalu   siap bila terjadi bencana ,baik itu Pra bencana ,Saat tanggap bencana dan Pasca Bencana termasuk bidang Psikososial,beliau juga mengungkapkan terima kasih atas kedatangan perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur serta undangan yang hadir.

Ita Listiani Kepala Seksi Perlindungan Sosial  Korban Bencana Alam Bidang Perlindungan Jaminan Sosial pada  Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur,beliau menyampaikan  Peran Tagana diera sekarang harus bisa profesional artinya relawan tidak hanya tanggap pada Pra ataupun Saat Bencana ,akan tetapi Tagana juga di tuntut harus bisa tangani di Pasca Bencana.

Korban yang menderita akibat bencana biasanya mereka mengalami trauma,depresi sesudah bencana,lansia sedih ,korban menyendiri serta korban anak dan balita,sambungnya.

Beliau juga menyampaikan Tenaga layanan dukungan  Psikososial seperti Tagana,TKSK,Pendamping PKH,Sakti Peksos,Pekerja Sosial Masyarakat dalam melaksanakan tugas kemanusiaan lebih ditingkatkan ,diantara tugas nya advokasi kepada keluarga korban,pendekatan kepada anak yang memiliki ketakutan,melakukan wawancara kepada lansia dan membuka posko layanan dukungan Psikososial.

Penanganan pengungsi sudah ada dalam klaster pengungsi dan perlindungan Dimana tugas menyiapkan dapur umum,pencegahan dan penanganan kekerasan berbasis gender dan silakan tempat pengungsian.

Sebelum akhiri sebagai pemateri dari Dinsos Provinsi Jawa Timur tidak lupa sangat berterima kasih terhadap relawan bencana terutama TAGANA LUMAJANG dan berharap tugas mulia yang dilakukan tetap semangat dan selalu berkordinasi dengan semua pihak di semua link kebencanaan ,tuturnya.

(Eko/Red)

No comments

Powered by Blogger.