Header Ads

BENDERA ALAM PEUDEUNG SIMBOL PEMERSATU ACEH

putrapos news - Banda Aceh. Bendera kerajaan Aceh Darussalam “Alam Peudeung” telah mendunia sejak ratusan tahun lalu dan merupakan simbol Aceh yang sebenarnya. Bendera yang berwarna merah dengan gambar bulan bintang dan pedang tersebut, telah lama menjadi simbol bagi “Bangsa Aceh”, terutama pada masa kejayaan kesultanan Aceh dibawah pimpinan Sultan Iskandar Muda.

Oleh karena itu , sudah selayaknya kalangan DPRA untuk segera menetapkan kembali bendera “Alam Peudeung” itu sebagai bendera pemersatu Provinsi Aceh demi mengembalikan kejayaan Aceh.

Tgk. Dedi Mulyadi saat ditemui awak media di salah satu kedai kupi ulee kareng Banda Aceh menyampaikan,“ Sekarang saatnya kita menghentikan semua perdebatan dalam merancang dan menetapkan Qanun bendera Aceh, kalangan DRPA harus melihat historis Aceh dan tidak sembarangan menetapkan simbol - simbol lain sebagai bendera Aceh, karena bendera Alam Peudeung merupakan bendera Aceh yang sebenarnya,” ucap Tgk. Dedi Mulyadi.

Polemik yang terjadi selama ini menyangkut Qanun Bendera Aceh masih belum berujung, Hal ini disebabkan kalangan DPRA terkesan terlalu memaksakan kehendak untuk memasukkan simbol - simbol lain yang akan dijadikan bendera Aceh.

Padahal simbol - simbol yang diinginkan oleh kalangan Dewan sebagai bendera Aceh tersebut, sama sekali tidak mewakili keinginan seluruh etnis yang ada di Aceh.

Dalam sejarah," Bendera Aceh yang sebenarnya  adalah bergambar Bulan Bintang dan Pedang, dengan Bendera Aceh yang bernama Bendera Alam Peudeung itu telah menumbuhkan semangat persatuan serta membawa kejayaan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Aceh pada masa lampau.

"Jadi bukan gambar - gambar lain yang merupakan ciri simbol - simbol kelompok tertentu sebagaimana dipaksakan oleh DPRA untuk dijadikan bendera Aceh," jelasnya.

Lanjut Dedi," Lebih baik kita tetapkan saja bendera Alam Peudeung sebagai bendera yang sah di Aceh, karena dengan bendera alam peudeung itu diharapkan akan menularkan semangat persatuan dan kesejahteraan rakyat bagi rakyat Aceh, sebagaimana yang telah terjadi di masa Kesultanan Iskandar Muda," tegas Dedi Mulyadi yang Mantan kombatan GAM Wilayah Sagoe 26 Ulee Kareng.

Rakyat Aceh lebih menginginkan bendera Alam Peudeung sebagai Bendera Pemersatu di Provinsi Aceh, dengan harapan bisa mengembalikan kejayaan Aceh, setelah sekian lama terpuruk akibat konflik dan kepentingan kelompok tertentu.

(Indra G/Red)

No comments

Powered by Blogger.