Header Ads

Penutupan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Pendidikan Bela Negara (LDK - PBN) SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu

putrapos news - Cilacap Jateng. Latihan Dasar kepemimpinan - Pendidikan bela negara (LDK - PBN) bagi 637 siswa siswi Kelas X  Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dilaksanakan oleh SMK Boedi Oetomo 2 Gandrungmangu, akhirnya ditutup dengan upacara, Sabtu (27/07/2019). Upacara penutupan  dihadiri oleh wakil Kepala sekolah Wahyono S.Pd, M.Pd. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Danramil 10/Gandrungmangu Kodim 0703/Cilacap, yang diwakili oleh Batituud Pelda Kharis wahyudi juga turut menghadiri upacara yang dilangsungkan di Halaman belakang SMK Boedi Oetomo 2 Kecamatan Gandrungmangu Kabupaten Cilacap. Selain seluruh siswa dan siswi  kelas X, upacara juga diikuti oleh para instruktur dan Dewan guru.

Pelatihan untuk siswa siswi SMK Boedi Oetomo 2 memang dikemas dalam bentuk semi militer. Pelaksanaannya sendiri berlangsung selama 7 hari dengan materi difokuskan pada baris-berbaris, kedisiplinan, tata upacara bendera, etika pergaulan dan wawasan kebangsaan.

"Bekal latihan dasar ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa-siswi dalam menghadapi tuntutan di masa depan. Seorang siswa diajarkan akan sikap, perilaku dan kesopanan pada guru maupun antar siswa. Banyak hal yang dapat menjatuhkan penilaian bagi siswa, karena memang sebagai siswa dituntut mendekati sempurna sebagai dedikasi untuk menjadi calon pemimpin di masa yang akan datang," Sebut wakil kepala sekolah dalam amanatnya.

Sementara itu pihak SMK Boedi Oetomo 2 mengatakan kegiatan ini rutin digelar dalam upaya mencegah kenakalan remaja yang marak akibat kecanggihan teknologi yang tidak dapat disaring perkembangannya dan mempersiapkan siswa siswi untuk siap bekerja sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan latihan ini bersama Koramil 10/Gandrungmangu, para siswa-siswi mempunyai sikap mental dan disiplin sehingga bisa terhindar dari dampak negatif tersebut. Baik penyalahgunaan narkoba atau hal buruk lainnya pada kenakalan remaja.

Pada pelaksanaan pelatihan ini para siswa  juga mendapatkan materi tentang kesehatan reproduksi remaja yang dibawakan oleh Kepala Puskesmas Gandrungmangu 1. Topik program kesehatan reproduksi remaja merupakan topik yang perlu di ketahui oleh masyarakat khususnya para remaja, agar mereka memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada di sekitarnya, dan dengan informasi yang benar, diharapkan remaja memiliki sikap dan tingkah laku yang bertanggung jawab Mengenai proses reproduksi.


(Sugeng.S/Red)

No comments

Powered by Blogger.