Header Ads

TAGANA Dan Pelopor Perdamaian Siap Membantu Pendampingan Psikologis Pengungsi Dari Wamena Asal Lumajang

putrapos news - Lumajang. Dinas Sosial Kabupaten Lumajang bergerak cepat untuk membantu memberikan penangganan pengungsi asal Lumajang yang pulang dari Wamena Papua. Selasa ( 2/10/2019 ).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang Dra Dewi Susiyanti saat menerima suami istri atas nama Ismail Kabar dan Asrifah pada hari Minggu 30 Oktober 2019, keduanya merupakan pengungsi dari Papua asal Kabupaten Lumajang yang selama ini bekerja sebagai tukang ojek dan berjualan di warung makan sederhana.

Beliau sangat bersimpati, untuk itu Dinas Sosial Kabupaten bersama Pemerintah provinsi Jawa Timur serta Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur bersinergi agar Pengungsi dapat diberikan pelayanan yang terbaik, untuk tranportasi Dinas Sosial Kabupaten Lumajang berkerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur akan membantu Pemulangan dari Surabaya sampai ke tempat tinggalnya, untuk kloter yang pertama ini sudah mengantarkan sampai tempat tinggalnya di daerah Desa Duren Kecamatan Klakah.

Bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Pelopor Perdamaian Kabupaten Lumajang siap membantu pelayanan psikologis atau trauma healing bagi para pengungsi asal Lumajang .

Rudik M Kholik selaku Pelopor Perdamaian Kabupaten Lumajang, disamping mendata juga berupaya agar para pengungsi mendapatkan bantuan dari dinas Sosial Provinsi Jawa Timur,untuk itu Pelopor Perdamaian siap berkoordinasi dengan instansi sosial.

Beliau juga sampaikan kalau pengungsi dari Lumajang di provinsi Papua dalam hal ini di kabupaten Wamena juga masih ada, malahan untuk kloter kedua ini ada dari Lumajang dari desa Randuagung dan Rowokangkung. Untuk itu segera berkoordinasi dengan semua pihak baik dari dinas sosial kabupaten Lumajang sampai dengan Dinas kesehatan agar di berikan pelayanan pemeriksaan kesehatan.

Dan juga sangat berterima kasih juga bahwa relawan sosial di Dinas Sosial Kabupaten Lumajang saling berkerja sama untuk membantu masyarakat Lumajang yang terkena musibah, Seperti Tagana Kabupaten Lumajang juga sangat peduli dan selalu siap untuk memberikan bantuan apapun juga.

Untuk itu berharap Petugas Kesehatan dan bidan Desa bisa memberikan pemeriksaan kesehatannya sehingga bisa mengetahui kondisi dari pengungsi seperti yang sudah dilakukan di Desa Duren Kecamatan Klakah, dan yakin kalau dinas kesehatan lumajang dalam hal ini puskesmas selalu siap untuk memberikan bantuan pemeriksaan kesehatan di wilayah Lumajang.

Pada saat awak media mewawancarai Ismail kabar beliau menyampaikan rasa bersyukur bisa kembali ke indonesia bersama istrinya, " Alhamdulillah mas, bisa pergi dari Wamena cukup senang dan bersyukur, apalagi bisa pulang ke lumajang,"

Dan mohon untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang untuk memulangkan warga Lumajang yang ada di kamp pengungsian, karena mereka ingin pulang, dan ada juga korban yang meninggal dimakamkan sana dan berharap untuk istri dan anak yang di tinggalkan dapat diberi santunan.

(Eko/Red)

No comments

Powered by Blogger.