-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Diduga KIP Aceh Timur Berulang Kali Langgar PKPU

Tuesday | January 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-24T10:43:56Z
Tabloid Putra Pos I Aceh Timur-Komisi independen pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Timur, meloloskan mantan calon legislatif (Caleg) salah satu partai politik Pemilu 2019, menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Aceh Timur. 

Nama mantan caleg Parpol ini terdata dan masuk dalam lampiran nama calon PPS pada pengumuman penetapan hasil seleksi anggota PPS Pemilu 2024, yang diumumkan KIP dan ditandatangani ketua KIP Aceh Timur Sofyan, SE Nomor 80/PK.01 103/KIP-KAB/I/2023 tanggal 23 Januari 2023. 

Informasi yang diperoleh oleh media indo globe pada lampiran pengumuman nama-nama PPS Pemilu 2024 yang dinyatakan KIP lolos, Mantan caleg parti politik ini terdaftar dengan nomor 14-1103032029xxx.

Sementara di Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu 2019, Nama ini, juga terdaftar sebagai salah satu caleg partai politik di Kabupaten Aceh Timur. 

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur diduga telah melanggar PKPU Nomor 8 tahun 2022 Pasal 35 dalam poin e. 

Sebagaimana tersebut dalam poin e, bahwa tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yamg sah, atau sekurang-kurangnya lima (5) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Penggurus partai politik yang bersangkutan.

Bahkan, KIP Aceh Timur juga meloloskan suami istri sebagai PPS yang tercatat sebagai warga Desa Cek Mbon Kecamatan Peureulak. 

Selain itu, dalam peraturan PKPU Nomor 8 tahun 2022 Pasal 35 juga disebutkan salah satu syarat mengikuti PPS, tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu. 

Namun itu juga dilanggar oleh KIP Aceh Timur, sebagaimana terlampir dalam pengumuman penetapan hasil seleksi anggota PPS Pemilu 2024 tertanggal 23/1/2023. 

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat IWO Marwan Ishak. Minta kepada Lembaga Pengawas Pemilu yaitu Panwaslu untuk mengusut terhadap Kecurangan rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh KIP Aceh Timur.

"Seperti data yang kita peroleh bahwa, ketua PPK di salah satu Kecamatan di Aceh Timur, merupakan saksi partai juga diluluskan oleh Komisi Independen Pemilihan," ungkap Marwan ishak kepada Media ini , Selasa 24 Januari 2023.

Bahkan temuan lain juga dibeberkan oleh Ketua dewan penasehat IWO diantaranya ada PPK dan PPS yang diloloskan sebagai penyelenggara pemilu dari perangkat desa.

ads






×
Berita Terbaru Update