Pemerintah Desa Karanganyar Adakan Pelatihan Seni Tradisional Trebang Jawa -->

News

Iklan Semua Halaman






Berita Terbaru

Nusantara

Pemerintah Desa Karanganyar Adakan Pelatihan Seni Tradisional Trebang Jawa

Monday
Tegal - putrapos news. Berawal dari rasa keprihatinan terhadap kurang diminatinya seni tradisional Trebang Jawa oleh generasi muda, Pemerintah Desa Karanganyar Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (8/9/2018), mengadakan pelatihan seni tradisional Trebang Jawa secara gratis.

Sekretaris Desa Karanganyar, Rokhmat, pada saat pembukaan pelatihan menyatakan, dirinya merasa prihatin  dengan semakin punahnya kesenian Trebang Jawa, maka untuk menumbuhkan minat kaum muda pada kesenian ini pemerintah desa mengadakan pelatihan bagi anak-anak muda.

Pelatihan yang didanai dari dana desa tahun anggaran 2018 ini menargetkan dapat melahirkan satu grup baru kesenian Trebang Jawa di desanya. Mereka, kata Rokhmat akan dilatih sampai bisa. Kepada para peserta pelatihan, Rokhmat berpesan, yang penting bagi peserta adalah suka dulu dengan kesenian Trebang Jawa, nanti dengan sendirinya akan serius berlatih.
 
Sementara itu, Pendamping Lokal Desa (PLD) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Desa Karanganyar, Badrudin, yang hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut, menyampaikan, terimakasih kepada pemerintah desa Karanganyar yang telah mengalokasikan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan.

"Alhamdulillah di desa ini ada pemberdayaan masyarakat untuk pelatihan seni Trebang Jawa bagi generasi muda, jadi ada regenerasi  dalam melestarikan  kesenian tradisional ini,” pungkasnya.

(darojat/red)