KEGIATAN SARASEHAN FORUM KESERASIAN SOSIAL DI BUKA OLEH PLT DINAS SOSIAL

Iklan Semua Halaman

News

KEGIATAN SARASEHAN FORUM KESERASIAN SOSIAL DI BUKA OLEH PLT DINAS SOSIAL

Friday, November 9, 2018
putrapos news - Lumajang. Bertempat di Balai Desa Ranuyoso, acara Sarasehan Forum Keserasian Sosial dibuka oleh Ninis Selaku PLT Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Kamis (8/11/2018).

Pada sambutannya, Ninis berharap bantuan yang berasal dari Kementerian Sosial melalui DinasSosial berupa pembuatan tempat penampungan air bersih yang sudah dikerjakan 75 % ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya juga sangat bersyukur dan berbangga bahwa kegiatan tersebut dilakukan oleh warga secara bergotong royong,”katanya.

Begitu pula dengan yang disampaikan Camat Ranuyoso Totok Suharto, SH, kegiatan dengan tema meningkatkan nilai-nilai kearifan lokal ini harus dapat diteruskan sikap gotong royong antar masyarakat desa.

“Karena lokasi penampungan air bersih tersebut milik Perhutani, maka kerjasama dan koordinasi antara Perhutani, masyarakat dan instansi lain hendaknya rutin untuk diadakan,” tambahnya.

Senada yang disampaikan Kepala Desa Ranuyoso Bambang Hermanto,ST, lokasi penampungan airbersih ini berada di Dusun Krajan, nantinya dapat bermanfaat untuk irigasi serta kebutuhan airbersih dan  tidak tergantung sama PDAM.

Bantuan Dari Kementerian Sosial akan selalu di jaga dan Manfaatnya dapat di rasakan , Pembangunan kegiatan di targetkan selesai pada akhir bulan ini atau paling lama bulan Desember sambung pak enggih , sambil mempersilakan media Jawa PES ,untuk masuk ke ruang kerjanya.

Sugiharto selaku Asper dari Perhutani, pada prinsipnya peduli terhadap masyarakat untuk dapat memakai lahan Perhutani, asalkan mengikuti aturan yang sudah ada .

Lahan 200 sampai 300 hektar bisa di tanami dengan jenis pohon yang sama dan cocok, dan berharap masyarakat menjadi sadar atas pentingnya hutan dan jangan membakar pohon atau ranting karena ancaman hukuman pidana bisa sampai 8 tahun penjara. Pengelolaan hutan bersama masyarakat merupakan prioritas Perhutani.

Sedangkan sambutan Danramil Ranuyoso Kapten Kavelari Sumarno, berharap hutan bambudioptimalkan karena banyak menyimpan air dan sekarang sudah banyak diganti dengan pohon sengon.

Berharap dari kegiatan ini tepat sasaran agar masyarakat memahami fungsi hutan kearifan lokal berbentuk gotong royong, harapnya.

Kapolsek Ranuyoso Ahmad Sutiyo,SH. berharap undangan lebih banyak lagi sehingga masyarakat semakin mengerti dan tahu cara menghindari konflik.

“Dengan meningkatkan nilai kearifan lokalberharap masyarakat sadar dan tidak melakukan penebangan secara liar,” himbaunya.

Sambutan Pendamping Keserasian Sosial kabupaten Lumajang, Rudik M. Kholik, awal mulainya program ini, di desa harus ada konflik. Sehingga dengan adanya program kearifan lokalini bisa terjadi konflik sosial, dimana dulunya Dusun Krajan Desa Ranuyoso Dusun Krajan sulit air .

Ketua FKS Desa Ranuyoso Lilik Suryani, juga sekaligus sebagai tenaga kesejahteraan sosial kecamatan berharap agar hasil yang sudah di capai dapat di jaga dan menghimbau kepada masyarakat desa yang berhubungan langsung dengan penampungan air ini dalam pendistribusian irigasi dapat menyerap seluruhlapisan masyarakat.

“Nantinya masyarakat dan forum keserasian sosial Desa Ranuyoso dapat menanam pohon di sekitar tempat penampungan, dan Embong/Penampungan air ini bisa juga digunakan sebagai kolam pemandian , dalam waktu dekat ini akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata,” sambungnya.

(Eko Santoso/Red)