Survei Nasional "CHARTA POLITIKA" Dalam Peta Elektoral Terkini Pileg dan Pilpers 2019

Iklan Semua Halaman




News

Survei Nasional "CHARTA POLITIKA" Dalam Peta Elektoral Terkini Pileg dan Pilpers 2019

Rabu
PutraPosNews - Jakarta. Rabu 16/01/2019, Charta Politika Indonesia Center di jalan Kisanggiri 3 Jakarta Selatan, menghitung bagaimana peta elektoral Pilpres dan AMP Pileg 2019 saat ini, perolehan suara partai politik saat ini dan peluang mereka menghadapi parliamentary Threshold. 

Apa saja alasan pemilih ketika memilih partai jagoannya ( brand asosiation ) dan wilayah mana saja yang menjadi kantung suara bagi kandidat Capres-Cawapres atau partai politik saat ini. Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan di atas, Charta Politika Indonesia survei preferensi politik masyarakat secara nasional.

Periode pengumpulan data dilakukan pada 22 Desember 2018 - 2 Januari 2019 melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2000 responden ,yang tersebar di 34 Provinsi . Survei ini menggunakan metode acak bertingkat ( multistage random sampling ) dengan margin of error kurang lebih( 2,19%)pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei ini, Charta politika menemukan beberapa temuan menarik yaitu:

Pertama, Partai Politik yang menjadi pilihan masyarakat pada saat periode dilakukan adalah PDI-P dan Partai Gerindra. PDI.P (25.2),. P.Gerindra (15.2),. P.Golkar(9.0),. PKB(8.1),. P.Nasdem(5.3),. P.Demokrat(4.5),. PPP(4.3),. PKS(4.2),. P.Perindo(2.7),. PAN(2.6),. PSI(1.5),. P.Hanura(0.6),. PBB(0.4),. P.Berkarya(0.3),. P.Garuda(0.2),. PKPI(0.2),. TT/TJ (16.2),..

Kedua, Tingkat kemantapan pilihan pada partai politik masih cukup dinamis berada di rentang 50%.

Ketiga, Tingkat kedekatan masyarakat terhadap partai politik (party ID) masih sangat rendah.

Keempat, Elektabilitas pasangan Joko widodo-Ma'ruf amin pada saat ini mengungguli pasangan Prabowo subianto-Sandi Uno sekitar (19,1%)..         
Kelima, Tingkat kemantapan pilihan terhadap kedua Paslon cukup tinggi yakni sudah berada di atas 70%,.         

Keenam, Alasan memilih kedua Paslon memiliki karakteristik yang spesifik.

Ketujuh, Prabowo subianto-Sandiaga Uno unggul di wilayah Sumatera dan DKI Jakarta dan AMP; Banten, sementara Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di wilayah Jawa.

Kedelapan, Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Joko Widodo cukup tinggi yaitu (65,8%). Itulah hitungan survei dari Charta Politika Indonesia yang mana hari ini Rabu,16-01-2019 telah mengadakan konpers di kantor Charta Politika. (Aliando/Red)