Hukum Bimtek Makamah Konstitusi Membantu Advokat

Iklan Semua Halaman

News

Hukum Bimtek Makamah Konstitusi Membantu Advokat

Tuesday, March 12, 2019
putaranposnews - Jakarta. Senin 11-03-2019 Sampai Rabu 13 Maret 2019 Mengantisipasi sengketa hasil Pemilu serentak 2019, BPP Dan DPC Perkumpulan  Advokaten Indonesia (PAI) Seluruh Indonesia mengirimkan 100 Peserta advokad pada acara Bimbingan Teknis Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu 2019 yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua  BPP Jakarta Sultan Djunaedi SSy.MH mengatakan, pengiriman peserta pada acara Bimtek MK di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Melalui  jalur Mandiri Di Hotel arnava Past senen jakarta Pusat  pada 11-13 Februari 2019 dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas advokat PAI di seluruh Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih kepada Ketua MK  Dr. Anwar usman SH MH dan sekretaris jenderal MK prof.M Guntur Hamzah SH MH yang mau mengadakan bimbingan teknis hukum acara perkara perselisihan hasil Pemilu 2019. Hal ini sangat membantu kami dalam mendampingi klien menyiapkan gugatan sengketa hasil Pemilu 2019 ke MK nanti," kata  Surya  Negara panjaitan SH MH sebagai Ketua Bintek Untuk 2019 ( PAi)

Di antara pengurus PAI Jakarta yang mengikuti Bimtek MK yakni Dapot Tambunan SH .MH Moh.Hasan Mwrah.SH.Rudi Rangkuti SH ,Santoso SE .SH .Surya Hamdani SH  (bendahara),  Ali mutasi Ssy.

Dapot Tambunan SH  menyadari, mempersiapkan berkas pengajuan permohonan kepada MK terkait gugatan sengketa hasil Pemilu tidaklah mudah. Apalagi, Pemilu pada 17 April nanti akan diselenggarakan secara serentak antara Pileg dan Pilpres.

"Hal itu masih ditambah dengan batas waktu yang diberikan UU 7/2017 untuk memasukkan gugatan sengketa hasil pemilu cukup singkat, sehingga diperlukan sumber daya manusia yang sudah paham dan kompeten untuk bisa menyiapkan berkas gugatan," paparnya.

Ditambahkan Sultan Djunaedi ( Ketua Umum PAI ) sengketa hasil pemilu nantinya tidak hanya terjadi antar partai politik saja, tetapi juga internal parpol. Sengketa internal parpol muncul dari perselisihan perolehan suara yang didapat calon anggota legislatif satu parpol.

"Sengketa perolehan suara di internal parpol harus bisa dikelola dengan baik, untuk mencegah friksi sesama kawan satu parpol. Karena lembaga survei banyak yang menyebut hanya lima sampai enam parpol saja yang bisa lolos ke Parlemen. Di sinilah peran advokat  PAI dalam mendampingi kliennya sangat penting," Katanya.

(Dapot Tambunan SH/Red)