Hibah Alat Mesin Pertanian Dari Anggaran APBD Kab Dan Prov.Banten Untuk Petani

Iklan Semua Halaman

News

Hibah Alat Mesin Pertanian Dari Anggaran APBD Kab Dan Prov.Banten Untuk Petani

Monday, May 27, 2019
putrapos news - Pandeglang Banten. Bupati Pandeglang Irna Narulita menyerahkan hampir 98 Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bagi para kelompok tani. Jumlah tersebut merupakan dari dua sumber pendanaan yakni Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pandeglang dan Provinsi Banten.

"Saya harap alat ini pra panen ini dapat dipergunakan  dengan baik untuk mengolah tanah, sehingga bisa meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian di Pandeglang, " kata Irna saat memberikan bantuan Alsintan di Pendopo Pandeglang, Senin (27/5).

Menurut Irna, metode hibah kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kata dia, saat ini semua kelompok tani dapat mempergunakan alsintan yang diberikan ini."Sekarang apabila kelompok tani yang sudah selesai melakukan penggarapan, dapat dipinjamkan ke kelompok tani lainnya sehingga semua merasakan dan mudah dalam melakukan pengolahan lahan pertanian,"ujarnya.

Irna berpesan, bahwa alsintan tersebut jangan sampai disalah gunakan, apalagi samapai ada oknum yang berani menjualnya."Kelompok yang nakal blacklist ajah, makanya saya minta harus ada revitalisasi kelompok tani," tegasnya.

Sementara itu Kadis Pertanian Budi.S.Januardi Tidak dipungkiri, dengan menggunakan Alsintan dalam pengolahan lahan pertanian akan lebih mudah dan cepat. Sehingga, petani tidak butuh waktu lama untuk melakukan bercocok tanam."Mesin ini bisa membantu mereka, mengurangi biaya operasional. Biasanya dalam satu hektar butuh waktu lama, ini hanya beberapa hari sudah bisa menanam," tutup Irna.

Lanjut  Budi S Januardi mengatakan, beberapa Poktan yang mendapatkan bantuan diantaranya Kecamatan Koroncong Desa Karang setra Kampung Karang Setra Kelompok Tani mandiri 2, Kecamatan Koroncong Desa Pakuluran Kampung Pakuluran kelompok tani Sugih Tani,  Kecamatan Pandeglang Kelurahan Babakan Kalanganyar Kampung Carang Pulang Kelompok Tani pasir Mas, Kecamatan Cadasari Desa Tapos Kelompok Tani Warga Mukti, Kecamatan Cimanggu Desa Ciburial Kelompok Tani Srimukti, Kecamatan Pagelaran Desa Kertasana Kelompok Tani Tunas Mukti, Kecamatan Cipeucang Desa Pasir Eurih Kelompok Tani Makmur 2.

"Seluruh bantuan tiga dari Kabupaten, dan 95 dari Prov Banten. Untuk Kabupaten Traktor Roda dua dua unit, dan satu unit pompa air, sedangkan dari Provinsi Banten 58 unit traktor roda dua, 34 pompa air, 3 unit kultivator," terang Budi.

(Dadang/Red)