Puluhan Hotel dan Swalayan Terancam Denda 500 Juta Sampai 4 Miliar

Iklan Semua Halaman




News

Puluhan Hotel dan Swalayan Terancam Denda 500 Juta Sampai 4 Miliar

Sabtu
PutraPosNews - Cirebon. Puluhan hotel dan supermarket dikota cirebon terancam denda  500 jt sampai 4 miliar, hiruk pikuk pembangunan hotel dan supermarket yang terjadi di kota cirebon harus memberikan rasa aman pada publik yang menjadi pengunjung serta lingkungan sekitarnya. Hal tersebut disampaikan oleh Gading Umbaran sebagai ketua bidang Adokasi LSM GMK.

"Yang lebih kita lihat adalah tentang pelaksanaan dan penerapan serta pengawasan pelaksanaan UU No.30 th 2009 tentang ketenagalistrikan, bahwa setiap pengoperasian instalasi listrik harus melengkapinya terlebih dahulu dengan Sertifikat Laik Operasi jika tidak akan dikenakan denda perdata sebesar 500 juta."ujarnya.

Lebih lanjut Gading yang didampingi ketua umum GMK Sukma Wijaya menjelaskan, di cirebon banyak gedung-gedung yang berlangganan listrik tegangan menengah ( >240 KVA/20KV) tidak mempunyai sertifikat Laik Operasi tegangan rendah (instalasi listrik gedung) seharusnya mereka harus melengkapinya sebagai sarana publik agar membuat publik pengunjung merasa aman dari bahaya akibat listrik.

Hasil penelusuran awak media Tabloid PutraPos bersama ormas GMK, GRIB memang banyak ditemukan gedung swalayan, hotel, pabrik yang tidak memiliki SLO instalasi listrik gedung.

Kami sebagai salah satu kekuatan kontrol sosial telah menyurati pengelola gedung-gedung tersebut, sebelum menyurati kita telah berkoordinasi dengan pihak ESDM cabang dinas VII dan Kepolisian. Kita juga masih dalam kontrol sosial akan melihat izin operasi Genset atau Surat keterangan terdaftar genset.

Apabila pengelola gedung yang tidak mempunyai izin operasi atau surat Keterangan Terdaftar sesuai undang-undang No.30 tahun 2009, akan dikenakan denda sebesar 4 miliar, sesuai pasal 49 ayat 2.

Kita telah menyurati hotel dan swalayan untuk segera mengurus SLO instalasi listrik gedung atau izin operasi, Surat Keterangan Terdaftar serta SLO genset apabila mempunyai Genset.

"Jika pengelolah gedung tidak mengindahkan, masih lanjut Gading maka akan dilakukan pelaporan ke pihak hukum karena sanksi pidana dan perdatanya sangat jelas, agar memberikan rasa aman buatt publik," tutupnya. (Munadi/Red)