TPPAS Nambo Bogor Akan Operasi Bulan Juni 2020

Iklan Semua Halaman

News

TPPAS Nambo Bogor Akan Operasi Bulan Juni 2020

Monday, May 13, 2019
PutraPosNews - Bogor. Tempat Pemrosesan dan Pengolahan Akhir Sampah Nambo mulai beroperasi penuh mulai bulan juni 2020. Hal tersebut disampaikan wakil ketua komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanandy dalam kunjungan ke tempat tersebut minggu (12/5/2019).

Dalam pernyataannya, Daddy menyatakan hal itu berdasarkan kunjungan komisi IV ke TTPAS yang terletak di Kabupaten Bogor. Lebih lanjut bahwa pembangunan TTPAS akan terus berjalan sampai rampung.

"Kita akan uji coba pemrosesan dan pengolahan akhir sampah pada bulan april tahun depan (2020) selama masa uji coba pihak pengelola akan menggratiskan yang artinya tidak dipungut biaya (tipping fee)" ujarnya.

Seperti diketahui TTPAS Nambo telah bekerjasama dengan perusahaan Korea selama 25 tahun dan yang diketahui hasil dari pengolahn pemrosesan sampah itu adalah RDF( Refuse Derive Fuel). Dan RDF hasil akhir tersebut untuk pabrik semen yang ada disekitar tempat tersebut.

TPPAS yang mempunyai luas kurang lebih 55 hektar tersebut terletak di desa Lulut dan Nambo, maka orang akan menyebutnya dengan TPPAS LuNa dan kapasitas yg diharapkan bisa memproses sekitar 1.600 ton sampah perhari.

Artinya dengan kapasitas yang dimiliki TPPAS diharapkan permasalahan sampah di kota dan kabupaten Bogor serta Depok bisa teratasi bahkan kemungkinan bisa ke Tanggerang. Memang diakui TPPAS LuNa belum menggunakan teknologi yang mumpuni karena masih terkendala cost yang muncul, termasuk biaya tapping fee yang berkisar Rp.125ribu.

Kalau di Negara yang telah menggunakan teknologi tinggi kisar biaya sebesar 1jt/ton
terlepas dari semua TPPAS Nambo diharapkan jadi percontohan pemrosesan dan pengolahan akhir sampah percontohan di Jawa Barat demikian Daddy menjelaskan.

Dengan kata lain tidak menutup kemungkinan akan dibangun TPPAS serupa di Jawa Barat yang bekerjasama denfan pihak lain dikemudian hari, pangkas wakil rakyat dari Dapil Kota/Kab Cirebon -Indramayu di dewan perwakilan rakyat provinsi Jawa Barat ini. (Munadi/Red)