SOSIALISASI KOORDINASI MENUJU SATU DATA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI KAB. BENER MERIAH TAHUN 2020

Iklan Semua Halaman






News

Berita Terbaru

Nusantara

SOSIALISASI KOORDINASI MENUJU SATU DATA KEPENDUDUKAN INDONESIA DI KAB. BENER MERIAH TAHUN 2020

Thursday

Tabloid Putra Pos - EDELONG. Sosialisasi koordinasi menuju satu data kependudukan Indonesia di Kab. Bener Meriah tahun 2020, yang bertempat di Ruang Aula Setdakab Bener Meriah, Jln. Serule Kayu komplek Perkantoran Pemda Kec. Bukit, Kab. Bener Meriah, Rabu (27/02/2020) yang dihadiri sekitar ± 80 orang.

Tampak hadir dalam acara rapat tersebut di antaranya, Asisten 1(satu) Setdakab Bener Meriah Abd. Muis, Pabung Kodim 0106/Ateng/BM Mayor Kav. Ridwan Sulaiman, Wakil Ketua 1(satu) DPR-K Bener Meriah Partai PKB Tgk. Khusnul Ilmi, S.Sy, Kajari Bener Meriah, Agus Suroto, SH. Kepala BPS Bener Meriah, Ir. Maimun, Perwakilan kepala BPS Provinsi Aceh Orijal Santifa, M.Si, Kepala MPU Bener Meriah, Tgk. Almujani, Para Kepala SKPK Setdakab Bener Meriah, Danramil 11/WPS, Kabag Ekonomi Setdakab Bener Meriah Zulpikar, Perwakilan kepala BPS Provinsi Aceh, Orijal Santifa, M.Si. Kapten Inf Trimo, SH, Pasi Intel Yonif RK 114/SM, Lettu Inf Mulyadi Jasmar dan Para tamu undangan lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan dalam rapat tersebut, Pembacaan ayat Suci Al-Quran yang dibacakan oleh Tgk. Gusti, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars Statistik.

Kepala BPS Bener Meriah Ir. Maimun dalam kata sambutanya menyampaikan,"Sensus penduduk adalah pendataan penduduk/warga secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10(sepuluh) tahun sekali, data penduduk yang dikumpulkan dijamin keamanannya oleh Undang- Undang No.16 Tahun 1997 tentang Statistik,"sampainya.

"Kegiatan ini merupakan sebagai salah satu data utama untuk merumuskan, melaksanakan dan memantau kebijakan dan program pengembangan sosial ekonomi Inklusif dan kelestarian lingkungan, pengukuran kemajuan Agenda 2030 untuk Sustainable Development Goals Indonesia khususnya di Kab. Bener Meriah," ucap Kepala BPS Kab. Bener Meriah Ir. Maimun.

Di waktu yang sama Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang disampaikan oleh Asisten 1(satu) Setdakab Bener Meriah, Abd. Muis sekaligus membuka acara rapat tersebut mengatakan," Hari ini 27 Februari 2020, kita sudah memasuki hari ke-13 pelaksanaan Sensus penduduk online 2020 dan akan berakhir nanti tanggal 31 Maret 2020 mendatang," kata Asisten 1(satu) Kab. Bener Meriah.

"Sensus kegiatan yang penting untuk dilakukan, penduduk 2020 merupakan mengingat data Sensus akan menjadi dasar penetapan program pembangunan. Berbagai program pembangunan disusun mengacu kepada data Sensus mulai dari pendidikan, pangan, sosial, kesehatan maupun kependudukan," terangnya.

Untuk itu kami berpesan, lanjut Asisten 1(satu)," kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bener Meriah untuk mensukseskan pelaksanaan Sensus penduduk tahun 2020. Karena sensus penduduk yang sekarang ini bisa dilakukan masyarakat itu sendiri melalui sistem online, Sensus penduduk sekarang berbeda dengan Sensus penduduk sebelumnya, sekarang ada dua metodenya yaitu secara online dan manual, yang online ini masyarakat harus menggunakan android untuk memasukkan datanya, tapi kita tahu ini nanti pasti ada kendala di keterbatasan SDM yang ketinggalan zaman teknologi yaitu mereka yang usia-usia lanjut, jadi kepada yang usia lanjut ini akan didata secara manual oleh petugas dengan mendatangi rumah-rumah,"papar Abd. Muis.

Saya optimis Sensus penduduk tahun 2020 di Kabupaten Bener Meriah akan berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Masyarakat akan menjadi pelaku utama pencatatan sipil kependudukan di Indonesia, Sensus penduduk 2020 ini bukan hanya jumlah penduduk tetapi data kependudukan secara keseluruhan, jadi bagi peserta yang hadir pada rakor hari ini kami harapkan dapat menjelaskan kepada masyarakat sekitar dan memberikan pengaruh serta penjelasan tentang Sensus penduduk.

"Kepada kita semua sesuai wewenang dan tugas kita, ayo kita sama-sama membantu mensukseskan Sensus penduduk 2020 ini, karena ini merupakan salah satu startegi pembangunan yg dapat kita lakukan," jelasnya.

(Indra G/Red)